in ,

Hieroglif Mesir Terpecahkan! Begini 3 cara membacanya.

Hieroglif mesir

Hieroglif Mesir

Hieroglif Mesir dari bahasa Yunani ἱερογλύφος “ukiran suci”, dalam bahasa Inggris hieroglyphic = τὰ ἱερογλυφικά [γράμματα]) adalah sistem tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir kuno yang terdiri dari kombinasi elemen logograf dan alfabet.

Hieroglif Mesir merupakan salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia. Beberapa dari tulisan tersebut berasal dari tahun 3000 sebelum masehi dan telah digunakan oleh bangsa Mesir selama lebih dari 3000 tahun.

Masyarakat Mesir menggunakan hieroglif kursif untuk sastra keagamaan pada papirus dan kayu. Adapula variasi formal tulisan yang lebih kecil, yang disebut hieratik dan demotik, tetapi secara teknis tulisan tersebut bukan merupakan hieroglif dari mesir.

Hieroglif dikembangkan oleh masyarakat Mesir Kuno sebagai cara menggabungkan tulisan ke dalam karya seninya. Berbeda dengan bahasa Indonesia modern yang memakai huruf, masyarakat Mesir kuno menggunakan simbol.

Simbol yang juga disebut hieroglif ini (atau glif saja) dapat memiliki lebih dari satu arti bergantung dari cara penulisannya. Langkah di bawah akan membantu memahami dasar-dasar hieroglif Mesir dan dapat menjadi titik awal untuk mendalami topik ini lebih lanjut.

Dapatkan bagan visual abjad hieroglif Mesir. Oleh karena hieroglif merupakan gambar dan bukan huruf seperti pada bahasa Indonesia, sulit untuk menjelaskan cara membacanya kalau tidak bisa divisualisasikan.

Awali proses belajar dengan menyiapkan bagan abjad visual dari internet. Cetak bagan ini dan simpan untuk digunakan selama belajar. [1]

Lis berikut berisi semua URL bagan visual hieroglif Mesir yang diterjemahkan ke abjad bahasa Inggris:

http://www.ancientscripts.com/egyptian.html

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Egyptian_hieroglyphs_by_alphabetization

Glif yang tercantum di bagan abjad ini juga sebagai disebut ‘unilateral’ karena kebanyakan hanya memiliki satu simbol.

Pelajari cara melafalkan hieroglif. Walaupun sebagian glif bisa diterjemahkan langsung ke huruf dari abjad bahasa Indonesia, lafalnya dapat sama sekali berbeda.

URL di atas juga berisi bagan yang menunjukkan bunyi pelafalan setiap glif. Cetak juga bagan ini dan simpan sebagai referensi untuk kemudian hari. [2]

Misalnya, terjemahan hieroglif berbentuk burung tampak seperti angka tiga, ‘3’, tetapi dilafalkan sebagai ‘ah’.

Secara teknis, pelafalan simbol hieroglif merupakan tebakan Egyptologist (ahli peradaban Mesir). Oleh karena hieroglif Mesir adalah bahasa mati, tidak ada lagi orang yang mengetahui cara pelafalannya yang benar.

Alih-alih, peneliti terpaksa menebak berdasarkan bentuk bahasa Mesir lebih lanjut bernama Coptic.

Pelajari perbedaan antara ideogram dan fonogram. Hieroglif Mesir memiliki dua jenis utama: ideogram dan fonogram. Ideogram merupakan gambar yang langsung mewakili objek yang dibahas.

Oleh karena masyarakat Mesir kuno tidak menuliskan huruf vokal, lazimnya fonogram mewakili suara konsonan. [3][4]

Fonogram dapat mewakili satu atau beberapa suara. Gunakan bagan glif yang telah diunduh sebagai referensi untuk menemukan contoh khusus.

Ideogram, sebagai tambahan arti literalnya (misalnya glif sepasang kaki mencermikan pergerakan atau berjalan), juga dapat memiliki makna tidak literal (misalnya glif kaki yang digabungkan dengan glif lain dapat mengacu pada panduan arah).

Hieroglif Mesir normalnya dibuat dengan fonogram di awal kata dan ideogram di akhir kata. Dalam kasus ini, hieroglif juga merupakan determinatif.

Rekomendasi

Pwml 2020 pubg

PMWL 2020 PUBG League Playweek 1 Hari ke-1

Thanos Auction

Thanos Auction Memutuskan Kontrak Dengan Listy Chan