in , ,

Ciri Ciri Kucing Emas Yang Jarang Diketahui

ciri ciri kucing emas

Ciri Ciri Kucing Emas

Ciri ciri Kucing emas – Seekor kucing emas langka ditemukan di Agam Sumatra Barat setelah terjerat perangkap babi milik warga.

Saat ini, kucing tersebut sedang dirawat untuk disembuhkan kakinya akibar jeratan itu.

Keberadaan kucing emas ini cukup menghebohkan warga. Pasalnya, kucing ini terbilang langka keberadaannya.

Bahkan, menurut data wikipedia, kucing emas adalah jenis yang misterius dan sangat sulit di jumpai saat ini.

Masih sedikit sekali pengetahuan mengenai perilaku dan ekolggi kucing jenis ini, termasuk populasi mereka di dalam kawasan. Karena itu, ketika kucing ini muncul di pemukiman cukup mengagetkan.

Pola hidup satwa ini belum diketahui secara jelas tidak seperti jenis kucing hutan lainnya.


Caracal aurata adalah nama latin dari kucing ini, atau biasa juga disebut Golden-cat atau fire-cat, kucing jenis ini termasuk salah satu hewan yang dicegah kepunahannya.

Kucing emas ini hidup tersebar dari daerah Tibet, Nepal, Cina, Burma, Thailand sampai Indocina, Malaysia, Sumatra, dan juga Afrika.


Garis putih yang dibatasi warna putih terdapat di pipinya, yang muncul dari sudut bagian dalam matanya.


Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Konservasi Wilayah 6 Aceh Tengah beserta Gayo Conservation merelokasi kucing emas ke habitatnya.

Evakuasi kucing emas atau dalam bahasa latin Catopuma temminckii diawali adanya laporan Kepala Desa Paya Tampi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah.

Bahwa dilaporkan adanya satwa liar dilindungi itu di desa tersebut.


Konservasi Wilayah I Lhokseumawe, Kamaruzzaman SHut, menyampaikan hal ini kepada Serambinews.com, Senin (6/1/2020) malam.

Kamaruzzaman menjelaskan kucing emas dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Asiatic Golden Cat.

Kucing Emas merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi.

Kucing Emas yang sempat menghebohkan Warga Gampong Ie Jeureuneh, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (15/9/2019). Sebelumnya warga menyangka Kucing Emas tersebut adalah Harimau yang memangsa ternak warga di Gampong Ladang Rimba, ternyata setelah di datangkan Pawang dugaan warga tersebut salah

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/ 2018 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/ 2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi.

Distribusi populasi jenis satwa ini di Indonesia hanya berada di Pulau Sumatera.

Habitat kucing emas dalam kawasan hutan, terutama hutan tropis dan subtropis yang lembab serta hutan peluruh.

Kerusakan habitat dan meningkatnya tingkat perburuan liar menjadi ancaman terhadap keberadaan satwa liar kucing emas ini.


Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh, Agus Arianto SHut, pada kesempatan ini mengimbau masyarakat tidak memelihara jenis tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi.

Hal ini sesuai peraturan yang berlaku.

Apabila menjumpai adanya satwa liar dilindungi dipelihara ataupun terluka dapat segera menghubungi Call Center BKSDA Aceh di Nomor 085362836024.

Rekomendasi

Menko PMK: Iuran BPJS Kesehatan Harusnya di Atas Rp200 Ribu!

sinopsis faith lengkap

Sinopsis Lengkap Drakor Faith Episode 1 s/d 24